Thursday, September 27, 2012

UPDATE POSTING BLOGGER DENGAN LABEL MELALUI OPERAMINI 6.1 S60V2 SYMBIAN

UPDATE POSTING BLOGGER DENGAN LABEL MELALUI OPERAMINI 6.1 S60V2 SYMBIAN

Selamat malam para sahabat blogger khususnya bagi blogger mobile mania. Masih GALAU kah kalian sejak blogger telah menghapus secara permanen untuk seluruh halaman blogger lama dan menggantinya dengan tampilan yang baru? Hehehehe...... Kamu jangan berkecil hati, mengapa? Karena pada kesempatan ini saya akan berbagi tips dan trik yang semoga saja dapat meringankan kegalauan kalian semua.


By the way, kalau di ingat-ingat ternyata ini adalah postingan saya yang ketiga setelah postingan pertama saya pertama disini dan disini yang mempergunakan bahasa INDONESIA. Tahukah mengapa? Hal ini di karenakan ini adalah postingan yang paling special, khususnya bagi blogger indonesia yang memakai handphone. Ya sudahlah, gak usah di bahas lagi, kita lanjutkan TOPIC berdasarkan judul di atas. Wokey........

Setelah beberapa hari saya GOOGLING mengenai 'CARA POSTING ARTIKEL BLOGGER MELALUI OPERAMINI', akhirnya menuai hasil, walau beberapa tips dan triknya hanya dapat memposting artikel, tapi tidak dapat memakai LABEL, ada juga sebuah blog yang mengatakan bahwa lebih mudah dijalankan lewat aplikasi UCWEB, namun trik ini belum saya coba (baca disini). Lalu akhirnya saya ketemu sebuah blog teman, dan ternyata berhasil, walau sebenarnya ia mengatakan bahwa trik ini hanya berhasil/jalan di operamini versi 4, dan tidak jalan di operamini versi 5 keatas.

Namun, saya mohon maaf apabila tanggapan tersebut saya PATAHkan hari ini, karena saya sudah berhasil menerapkan trik tersebut menggunakan operamini 6.1 dengan hape nokia jadul 6680.
Berikut tutorial beserta gambar untuk memperjelas kinerja kerjanya:

Langkah no 1. Buka aplikasi operamini 5 atau yang terbaru. Dan pastikan setingan operamini kamu berada dalam tampilan mobile.

Langkah no 2. Buka situs dan login di akun blogger kamu.

Langkah no 3. Klik tanda panah seperti gambar di bawah untuk memulai posting artikel.


Langkah no 4. Kamu akan di tampilkan halaman seperti dibawah ini (gambar di ambil dari SCREENSHOT paling atas hingga paling bawah).


Langkah no 5. Selanjutnya, tekan # 8 untuk merubah setingan tampilan mobile menjadi web (jangan centang SINGLE COLUMN VIEW untuk tampilan web).


Langkah no 6. Selanjutnya klik tombol SAVE dan kamu akan mendapat alert seperti gambar dibawah ini dan kamu pilih YES / YA.


Langkah no 7. Kemudian tampilannya akan berubah seperti di bawah ini.


Langkah no 8. Lalu, kamu tekan kembali # 8 dan rubah setingan tampilan operamini dari web menjadi mobile (centang SINGLE COLUMN VIEW).


Langkah no 9. SAVE setingan tersebut dan akhirnya kamu akan menerima alert seperti di bawah ini, dan kali ini kamu harus pilih NO / TIDAK.


Langkah no 10. Langkah selanjutnya, kamu dapat menggeser kursor dan arahkan pada tanda panah atau label seperti gambar di bawah. Lalu kamu klik pada menu tersebut.


Langkah no 11. Dan akhirnya, kamu akan dibawa kembali kedalam menu CREATE POST dengan tampilan mobile, dimana disini kamu sudah dapat menuliskan JUDUL ARTIKEL, ISI ARTIKEL, dan bahkan LABEL juga TAUTAN dan PILIHAN. Perhatikan gambar di bawah (berdasarkan tampilan dari atas hingga kebawah).


Langkah no 12. Nah, untuk memberi LABEL, kmu tinggal alihkan dan klik kursor ke menu LABEL seperti gambar di bawah ini.


Langkah no 13. Setelah kamu klik, kamu akan melihat sebuah kotak yang berfungsi untuk menuliskan label pada arikel kamu.


Langkah no 14. Setelah kamu isi pada kotak tersebut, kamu jangan lupa untuk mengklik tulisan FINISH / SELESAI.



Langkah no 15. Setelah semuanya telah selesai, saatnya kamu scroll ke atas dan klik menu PUBLIKASIKAN / PUBLISH.


Langkah no 16. Akhirnya postingan berhasil.

Nb: Jika kamu masih mengalami kegagalan, coba saja kamu ulangi langkah-langkah tersebut dari awal. Namun, jika kamu merasa telah benar setiap langkah yang kamu kerjakan, coba pada saat langkah no.11, kamu scroll kebawah pada menu SETELAN ENTRY klik PILIHAN


dan kamu akan menemukan beberapa pilihan untuk setelan entry seperti gambar berikut:


pastikan pada PILIHAN di menu setelan entry tersebut, kamu memilih/centang seperti pada gambar dibawah ini


lalu kamu klik SELESAI / FINISH, dan lakukan langkah no.15.


Oh ya, satu hal lagi, tadi saya mencoba mempublikasikan artikel menggunakan operamini 6, namun saya kewalahan karena saya tidak menemukan menu seperti yang tertuju pada gambar di langkah no.10 diatas, yang ada cuma tanda panah merah biasa, namun memiliki 2 link ketika kursor di arahkan pada sekitar panah tersebut (terdapat 2 link block besar dan kecil).


Dan ternyata, pada langkah no.10 yang dimaksud diatas, kamu dapat menggunakan klik yang memiliki link block kecil.


Okay, cukup sekian dari saya. Semoga berhasil dan SELAMAT BEREKSPERIMEN

2 comments:

Admin said...

wah ini yang gw tunggu..hehehe thanks sobat.. Kunjungan balik ditunggu Promo gratis telkomsel flash 500mb

Mas ihsan said...

wah, artikel yang bagus.... Hanya saja saya garis bawahi, kata harus yang saya gunakan ( bukan berarti tidak bisa ) karena saya juga bisa posting memakai opera, Ucweb, berikut Bolt.
Hanya meringankan beban pembaca saja.

Artikel saya tidak di patahkan juga nggak papa, biar lebih membantu pembaca mencari sumber, untuk sama-sama belajar.. Hehehe...